Seandainya Kita Bisa Kembali Menjadi Anak-anak

Kadang ingin rasanya saya kembali menjadi anak-anak. Hari demi hari saya habiskan untuk bermain, tertawa, bertengkar, menangis, lalu tertawa lagi. Indah jika hidup tak memikirkan deadline pekerjaan atau cicilan kendaraan.

Saya masih ingat. Dulu, setiap kali Bapak, Ibu, dan kakak-kakak saya berbicang tentang sesuatu yang serius, saya pasti disuruh pergi. Bermain ke rumah tetangga, jalan-jalan ke sawah, atau ke mana saja agar saya tak mendengar “perbincangan orang-orang dewasa”.

Baca juga:
Guru Masa Kecil
Sekali Lagi Tentang ‘Berkunjung’ ke Masa Lalu

Maka, yang saya rasakan saat itu adalah masa kanak-kanak yang menyenangkan. Saya tahu, keluarga saya tak selalu bahagia. Tapi, Bapak dan Ibu saya berani menjanjikan saya masa depan yang baik-baik saja.

Dua puluh tahun sejak masa-masa itu, saya semakin mudah membayangkan beratnya beban keluarga saya kala itu. Bukan perkara mudah bagi siapa pun yang tinggal serumah dengan kami untuk terlihat baik-baik saja. Tapi Bapak, Ibu, dan kakak-kakak saya berhasil melewatinya.

Coffee-Shop-1024x768
Sumber gambar: stockography.co (https://goo.gl/sPKGR6)

 

Kalau sadar masa-masa paling membahagiakan dalam hidup saya bersamaan dengan masa-masa paling sulit dalam keluarga, saya jadi merasa bersalah berkhayal menjadi anak-anak. Sebab, itu berarti saya merayakan saat-saat keluarga saya berada di titik terendah dalam hidup mereka.

Saya jadi ingin menganulir. Daripada kembali menjadi anak-anak, mungkin lebih baik kalau saat itu saya sudah dewasa. Menjadi anak pertama, mungkin? Agar sedikit-sedikit saya bisa meringankan beban Bapak. Menjadi tempatnya bertukar pikiran atau mencurahkan perasaan.

Di samping saya bisa bertanya tentang impian-impian dan petualangannya saat masih bujangan.

2 thoughts on “Seandainya Kita Bisa Kembali Menjadi Anak-anak

Leave a Reply

